Berjalan dari Dalam Hati

2013/01/20

Langkah Sederhana Membuat Tulisan di Blog




Oke, sebenarnya ini adalah salah satu post gue yang tidak konyol seperti biasa. Yah, hidup ini, kan, have serious fun, or have fun seriously. So, tidak semua harus selalu konyol. Benar? Hahaha.

Artikel sejenis ini mungkin pernah loe baca di beberapa blog/buku, namun dalam versi gue, dibuat sedikit gampang dan ringan untuk dicerna. Semua berdasarkan beberapa sumber dan ‘kenyataan’ juga, jadi gue akan meringkas untuk mempermudah pengambilan maknanya. Tidak perlu menunggu lama, guys, check this out!



1.       Ide yang sesuai

Pertama-tama, yang menurut gue termasuk dalam kategori penting, adalah ide. Jangan pernah memaksakan tulisan kita. Ide tulisan lebih baik jika berkesan ‘apa adanya’, dari pada ‘sok tahu’. Dalam artian, jika kita tidak menguasai ide tersebut, untuk apa kita menuliskannya? Kehidupan sehari-hari bisa jadi contoh tulisan ‘apa adanya’.

Suatu saat, jika ingin membuat sebuah tulisan yang ide dasarnya belum loe ketahui, cobalah mencari referensi dengan memahaminya terlebih dahulu. See? Seperti yang gue lakukan sekarang. Gue tidak begitu mengerti tentang ‘menulis artikel pada blog’, namun setelah gue mengkaji beberapa artikel serupa dan memahaminya, gue yakin ‘ide’ itu telah ada di kepala gue.

2.       Draft

Sebelum menulis pada bagian ‘new post’, atau ‘entri baru’, ada baiknya kita selalu membuat sebuah draft atau kerangka awal, untuk tulisan yang akan kita posting di blog. Menulis langsung pada blog, tentu saja memiliki sedikit kerumitan saat kita menyuntingnya.

So, biasakan untuk membuat draft-nya pada Mc Word terlebih dahulu. Dalam tahap ini, kita ‘masih’ tidak perlu memperhatikan susunan kalimat, tanda baca, atau typo dalam tulisan. Rileks, karena dengan menulis seperti biasa, ide yang ada di kepala kita bisa keluar secara lancar dan tanpa beban. Keluarkan semua ide yang pengin loe tuang ke dalam tulisan.

Setelah selesai, draft bisa mulai disunting.

3.       Pengeditan

Tidak hanya tulisan cetak (novel, komik, majalah, koran, etc) yang perlu pengeditan. Tulisan sehari-hari di blog pun, perlu disunting agar terlihat lebih rapi. Mulai lah, dengan ‘meringkas’ beberapa frase yang berkesan ‘boros kata’, atau berbelit-belit. Singkirkan dua jenis kata berikut: tanpa arti dan membingungkan.

Jujur, gue belum bisa dibilang ‘bisa’ dalam hal menyunting tulisan gue sendiri. Namun, gue selalu berusaha agar tulisan gue dapat tampil rapi, dan ringan untuk dibaca. Jika struktur kalimat dan paragrap sudah oke, yakinlah, tulisan kita ‘minimal’ bisa mengundang pembaca.

4.       Kalimat pembuka yang menarik

Jika membuka sebuah blog, sangat tidak jarang di bagian ‘home’ atau beranda, semua posting-an hanya ditampilkan berupa cuplikan saja. Ini tentu merupakan ‘untung-rugi’ bagi kita yang blog-nya seperti itu. Karenanya, usahakan untuk membuka tulisan kita dengan pilihan kata yang menarik. Sehingga siapapun yang membaca cuplikannya, merasa penasaran akan kelanjutannya dengan meng-klik ‘baca selanjutnya’.

5.       Baca kembali

Ulangi kembali mengedit tulisan kita. Sudah nyaman dibaca? Atau masih terasa kaku? Apakah dengan ‘meringkas’ kalimat, maka isi tulisannya ikut berubah? Cek kembali. Ingat, jangan sampai tulisan kita kehilangan makna dan tujuan utamanya.

6.       Berlatih

Punya blog, tidak asal posting. Post di blog gue memang berkesan ‘tidak penting’, karena tujuan gue memang di ‘tidak penting’ itu sendiri. Semua tertawa, itu tujuan gue. Semua punya jenis tulisan favorit masing-masing. Intinnya, dengan segala perbedaan macam tulisan ini, kita masih tetap satu dalam hal: ‘berlatih’.


Se-sepele apapun tulisan kita, usahakan selalu mengikuti enam langkah di atas. Terus, dan terus. Nge-blog itu, indah.

Thank  :)





10 comments:

  1. Artikelnya bermanfaat sekali :)
    Mampir ya http://dyanros.blogspot.com/ :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah.. :)
      menarik sekali artikel dan desainnya, saya join di situ looh . hohoho

      Delete
  2. GOOD,Fun and serious article !!! :D
    Visit back please
    http://dika1k3.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. gue udah berkunjung ke blog agan. kerennn..
      jadi pengin main resident 4 lagi. ahahaha

      Delete
  3. Tips yang inspiratif gan, thank's atas berbaginya.

    ReplyDelete
  4. Dari 6 poin diatas, kebanyakan para blogger melewatkan poin ke-2, 3 dan 5.

    Untuk saya sendiri selalu menggunakan poin ke-2 dan 3. Sebelum diposting ke blog saya selalu membuat artikel di localhost dan apabila sudah pas baru saya publikasikan ke blog online. Pengeditan juga berkali-kali saya lakukan.

    Artikel yang menarik mas Aziz.
    Salam kenal & happy blogging :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali.. :)
      saya akan terus belajar, dan terus lagi.. hehehe..

      Delete

Eiits... jangan buru-buru exit dulu. Sebagai Pria Cakep Biasa, gue punya banyak cerita lain. Baca-baca yang lain juga ya... Terima kasih :)