Larangan-larangan (ajaib) bagi anak kost




“Jadi anak kost itu indah. Kita bisa menghambur upil dengan hanya terfokus pada satu ruangan kecil, tanpa perlu memikirkan untuk bersih-bersih ruangan lain” – Aziz Ramlie Adam, Pejuang cinta dan anak kost yang populer.


Nah, siapa kira kalau gue ini udah puluhan tahun ngekost? Nggak.. gue baru ngekost tu setengah tahun. Ya, semenjak gue jadi mahasiswa. Tapi jangan dikira perjalanan ngekost gue lancar-lancar aja, karena realitanya, gue sering banget jatuh bangun dalam dunia per-kost-an. Gue sering nggak betah dan sering gonta-ganti kost mulai dari bawah jembatan, depan ruko, kandang kambing, sampai sekarang telah menetap di sebuah kamar kecil yang indah. Ada tipi, loh.

Oke.. nggak perlu lah, ya, ngebahas dunia per-kost-an gue apa lagi ngebahas tontonan gue (FTV!). Karena bakal nggak ada habisnya. Di sini gue bakal ngebahas apa aja yang ‘terlarang’ dalam dunia anak kost. Mungkin agak (sangat) aneh, tapi.. inilah yang gue dapat selama menjadi perantau dalam kurun waktu satu semester ini. So, silahkan (jangan) disimak. Ahahahahai.. (Iya.. gue ketawa).



1.       Jangan sering buka baju

Nah, ini penting banget demi kelanjutan hidup loe dalam dunia kost. Jadi begini, kalau loe sering buka baju dan kebetulan kost loe jendelanya cuma segede lubang tikus, maka bau badan akan menyelimuti udara kamar. Ini tentu berpengaruh besar bagi kesejahteraan paru-paru, men.

Sebaiknya buka baju pas mandi aja, ya. Kalau misalkan loe buka baju karena kepanasan, ya beli kipas angin deh. Kalau mau elite, lebih baik pasang AC atau sewa dayang-dayang permaisuri buat ngipasin elo. Intinya, keseringan buka baju bisa menimbulkan kamar kost loe bakal bau badan. Camkan!

2.       Jangan bawa sepatu ke dalam kamar

Sekali lagi, ini demi kesejahteraan hidung loe. Pikirkan hal terburuk yang bisa terjadi kalau ‘bau sepatu’ bercampur dengan ‘bau badan’, pasti serem. Kalau ibarat reaksi nuklir, percampuran bau itu bisa bikin gen kita berubah jadi Ultraman. Akibat terparah, kost loe bisa hancur karena badan loe bakal jadi Ultraman dan lebih gede dari kamar kost.

3.       Jangan sering dengar lagu galau

“Kamu di mana.. dengan siapa.. sekarang berbuat apa..”

Galau banget kan?

Lagu galau memang sering bikin kita sedih dan nggak jarang jadi pengin ngebantai mantan. Karena itu, anak kost pun perlu memperhatikan perihal ‘dengerin lagu galau’ ini.

So, hubungan (sesat) antara lagu galau dan ngekost adalah : Loe keseringan nangis daripada beres-beres kost. Udah.

4.       Jangan nonton sinetron laga

Oke, pertama-tama.. kita fokuskan ini ke ‘anak kost yang punya tipi’. Tapi jangan berkecil hati bagi yang nggak punya tipi, kan masih ada Mito jam tangan (entah apa hubungannya).

Sinetron laga sering menjadi faktor sesat dalam berbagai hal. Di postingan gue yang ‘Beberapa Faktor (sesat)Bencana Banjir Ibukota’ , juga dijelaskan kalau faktor banjir salah satunya adalah karena sinetron laga. Jelas sekali bukan? Sinetron laga memang berbahaya..

Hubungannya sama ngekost?

Tentu ada. Karena loe keseringan nonton sineton laga, maka semua gerakan jagoannya bakal terpatri di otak loe (waduh bahasanya..). Dan karena loe udah ‘hafal’ di luar kepala, gerakan silat jagoan itu, maka bisa aja loe tanpa sadar akan menirukan gerakannya. Nah, ini berbahaya bagi yang kamar kost-nya cuma segede upil mammoth. Pilihannya cuma dua : badan loe patah-patah karena nubruk tembok, atau tembok kost yang hancur karena kena tendang. Udah.

5.       Jangan facial

Iya, ini perlu. Kebanyakan anak kost pengin tetap terlihat keren walaupun jauh dari rumah. Tapi gue ingatkan, jangan facial apa lagi di salon. Tentu.. boros, men!

Berhematlah.. Menggeliatlah..

Gue kasih tip deh, buat yang ngekost tapi tetep pengin ‘berasa’ facial. Pertama, beli aja bedak bayi yang kemasan kecil. Murah kok, kisaran 5 sampe 6 ribuan. Trus, ambil air dari selokan (jangan dari dispenser atau kran, karena mengurangi pasokan air. Air bayar, loh. Cari gratisan aja). Kemudian campurkan bedak dan air selokan secara merata. Terakhir.. tempelin di muka loe dengan penuh rasa bangga.

Gue nggak tau apakah loe akan ganteng atau nggak. Tapi yang jelas, loe bakal lolos dari kejaran ibu kost saat tunggakan kost udah membahana. Karena oh karena.. muka loe udah berubah! (jadi lebih hancur) Dan loe nggak bakal dikenali.

6.       Jangan ngutang

Eit.. tanggal tua berat ya, kalau nggak ngutang?

Gue kasih tau ya, gimanapun sulitnya keuangan di tanggal tua, hadapin aja dengan sabar. Biasanya, siklus kalau kita ngutang tu kayak gini:

Hutang di tanggal tuaà Bayar pas tanggal mudaà Duit cepet habis di awal bulan karena bayar hutangà Ngutang lagi di tanggal tuaàBayar pas tanggal mudaà

Gitu terus deh sampai Dajjal beli gorengan. Duit kiriman cuma habis buat bayar hutang. So, jangan biasakan ngutang deh, kalau bisa (iya.. ini dari pengalaman gue). Ingat selalu kata pepatah : “Gali lobang.. Tutup selangkangan..”

7.       Jangan menumpuk pakaian kotor

Tidak semua anak kost bisa bawa mesin cuci ke dalam kamar. Karena itu, dari pada ditumpuk mending cuci sedikit demi sedikit. Misal, tiap habis mandi, langsung cuci aja pakaian yang habis loe pakai. Terutama kolor.

Ingat, pada intinya, semua bau kolor manusia itu sama : memabukkan dan menggairahkan.

8.       Jangan nunggak bayar kost

Kayaknya ini nggak perlu gue jelasin, deh. Akibatnya ya tau sendiri lah..



Oke, mungkin ini aja yang bisa gue bagikan. Maklum, ini semua kan berdasarkan pengalaman aja selama 6 bulan. Pasti masih banyak yang lebih tau. Hohoho..

Punya jenis larangan (ajaib) lain? Silahkan di comment box :)











7 comments:

  1. siiip gan postingannya adn menarik. ane tunggu folback nya yaa

    ReplyDelete
  2. siiip gan ane tunggu folback nya di http://sekitarkita96.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh.. makasih loh..
      hehehe

      saya udh join loh, ke blog agan. keren. bermanfaat :)

      Delete
  3. hedeh si ajis ngebahas kosan , itu curcol niat bener

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan gitu, diy. ini namanya pembelajaran (sok tegar). huehuehuehue

      Delete
  4. Replies
    1. itu jelas boleh mbak.. hehe
      buruan, sebelum ntar saya minta bayaran #eh

      Delete

Eiits... jangan buru-buru exit dulu. Sebagai Pria Cakep Biasa, gue punya banyak cerita lain. Baca-baca yang lain juga ya... Terima kasih :)