Nasi goreng.. tanpa digoreng..




Dua orang yang tidak homo, ditemukan terkapar dan menggelinjang di salah satu kamar kost, karena memakan sepiring nasi..


No.. headline di atas bukan tentang gue. Tapi tentang.. (ngelakban mulut).

Gue emang anak kost yang tampan dan sedikit kere, tapi nggak bakal gitu juga kali, sampai-sampai gue cuma makan nasi doang.

*Lagu ‘Bujangan’-nya Koes Plus terdengar di kejauhan*

04.50 a.m.

Gue gelisah, nggak bisa tidur. Padahal lampu kamar udah gue matikan, tapi tetep aja gue nggak tenang. Badan gue juga sukses digigit nyamuk kayak lagi ngungsi pas kena banjir gitu (eh). Dan semua ini diperparah dengan kenyataan kalau gue sebenernya belum makan.. dari kemaren sore..


Mukti, temen gue yang ditransfer dari Lampung ini, lagi nginep di kost gue. Kakaknya lagi ke Bali, dan dia memutuskan untuk ‘numpang-buang-sepi’ di sini. Bocah Lampoeng yang baru beberapa bulan menapakkan jidatnya di Kalimantan ini, emang cuma ngontrak berdua dengan kakaknya. So, dia kesepian dan menemani gue yang juga lagi kesepian (ini nggak ada hubungannya sama kasus gay Ryan Jombang).

Saat gue sedang melaksanakan kegiatan tadi: menggeliat, Mukti yang sejak tadi malam berkutang, eh, maksud gue, berkutat dengan laptop, tiba-tiba menendang-nendang kaki gue.


“Laper, Ziz..”

“Loe punya duit?”

“Kagak..”

“Sama..”


Hening. Beberapa menit kemudian, jidat gue ditabok pake majalah Playboy.


“Laper, Ziz..”

“Loe punya duit?”

“Kagak..”

“Sama..”


Hening-gundah-membahana. Beberapa saat kemudian, kepala gue diinjek pake lemari.


“Laper, Ziz..”

“KAMPRET! LOE PUNYA DUIT? NGGAK, KAN?! SAMA! GUE JUGA NGGAK!”

*Efek zoom in/zoom out dimainkan*


Iya.. gue bosen dianiaya hanya untuk pembicaraan nggak penting, yang kalau diteruskan bisa sampe kiamat.

Sebagai anggota PKI (Perantau Keren Indonesia), laper subuh-subuh tanpa ada makanan, merupakan sesuatu yang lebih kronis dari ‘kasus-salah-ketik-nama-kota-ala-Syahrini’. Gue nggak tau apa hubungannya antara “sun” dan “san”, tapi yang jelas, beliau salah menuliskannya. Nah, bagaimanakah komentar para artis lain perihal..

(Njir. Ini kenapa jadi infotainment..)

“Eh!” Kata Mukti, lagi, yang saat itu mulai menggelinjang karena lapernya udah melewati bagian cenat-cenut. Waktu itu.. gue udah nyiapin gergaji mesin buat motong kolornya kalau dia masih ngajak ngomong hal nggak penting kayak tadi.


“Apaan lagi??!”

“Ke kontrakkan gue, yuk. Rasanya masih ada Malkist Cracker di kulkas”

“Oh, ya? Masih banyak?” Gue exited. Maklist..

“Masih kok, baru gue makan tiga..”

“Berangkat!”

*Lalu kami pakai baju tentara The Raid, trus ngepung waria di pinggiran trotoar*


Singkat kata sempit celana, kami sampai di kontrakkan Mukti yang emang nggak terlalu jauh dari kost gue. Kami sudah tidak sabar ingin mengakhiri kesenduan perut ini. Dan.. Jreng! Jreng!

Malkist impian gue.. sisa tiga biji. Ini namanya bukan dimakan tiga, tapi disisain tiga. Mukti!!!! Gue sempat pengin nyemplungin ujung giginya ke jamban. Akhirnya.. gue dan Mukti makan Malkist yang tersisa.. sambil nangis di atas dispenser (tentunya gue makan dua).

Kami kembali membongkar apa saja di rumah ini, berharap ada sesuatu yang bisa dimakan.
Ini Mbak-nya si Mukti, kejam dan sangat tidak bertanggung jawab. Masa’ adeknya ditinggal sendiri tanpa ada bekal makanan. Kasihan, kan, adiknya. Jadi Lutung gembel yang kemana-mana pake baju robek di bagian ketek, pikir gue.

“Nah!”

Tiba-tiba suara Mukti memecahkan keheningan rumah Cinta Laura. Eh, maksud gue, rumah itu. Ekspresi Mukti bahagia banget. Persis kuli bangunan yang nemu bekas kolor Melinda Dee di sela-sela tumpukan semen.

“Apaan?” Gue heran, “itu kan..”

JGER!

Sumpah demi twit typo-nya Syahrini, wajah Mukti sangat nggak banget, waktu melahirkan mimik bahagia sambil dengan bangga menunjukkan.. satu sachet bumbu racik nasi goreng..

“Loe mau bikin apaan pake itu? Mau ngopi?” Tanya gue, yang mulai merasakan suatu pertanda buruk.


Di kost gue..

“Yuhhu.. Makan kita..” teriak Mukti, yang udah siap mengganjal perutnya. Ya, dia baru aja masak nasi (hasil dari menjajah kontrakannya), and you know what? Dia makan tu nasi pake bumbu racik nasi goreng tadi. Ditaburin gitu aja kayak garam.

“Ih, loe bego banget, sih. Kayak nggak ada yang lain aja..” kata gue, sinis.

Setelah itu gue ikutan makan.

Lika-liku kehidupan anak kost emang keren-keren. Ada saatnya loe makan nasi padang 3 kali sehari. Ada saatnya makan mie instan mentah diremukin. Ada saatnya makan ‘makalah-politik-yang-direbus-lalu-dikeringkan’. Dan, ada saatnya makan nasi goreng.. tanpa digoreng..







6 comments:

  1. hahahahaa...! ngakak guling guling...gue denen gan ama artikelnya..asli gak pake ngupil..hhhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wadooh.. apapun yg agan katakan, yg jelas, gue nggak pernah makan nasi pake upil. camkan!

      Delete
    2. hahaha....ga ada yang bilang gitu looh...

      Delete
    3. hohoho.. gue juga nggak pernah berpikir buat ngelakuin itu -,-

      Delete
  2. Hahahahaha.. gokil dan fresh banget postingannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya emang udah jd nasib kalau pengalaman apes pasti menarik. wahahaha

      Delete

Eiits... jangan buru-buru exit dulu. Sebagai Pria Cakep Biasa, gue punya banyak cerita lain. Baca-baca yang lain juga ya... Terima kasih :)