Kebiasaan-Kebiasaan Setelah Makan

*Pict by : ngadimin.org*



“EEEERRRGHH….” Kira-kira seperti itulah bunyi sendawa salah satu teman gue saat selesai makan satu bakul nasi pecel. Kegilaannya dalam melahap berbagai macam makanan memang cocok untuk bersaing dengan gue yang sama-sama doyan wisata kuliner. Waktu itu kebetulan lagi jam makan siang kantor dan di tengah keramaian kantin, temen gue sukses mencuri perhatian ratusan pasang mata. Gue cuma bisa nyengir sambil berharap kalau orang-orang itu mengganggap gue bukan teman dari yang bersendawa tadi.



Nah, entah dapat wangsit darimana, gue jadi pengin banget menuliskan beberapa kebiasaan orang saat selesai makan. Tentunya dari pengalaman gue yang sudah makan dimana-mana. Oke, daripada keburu basi, mending kita langsung ke pembahasan aja. Setelah itu, silahkan tentukan sendiri loe termasuk kategori yang mana. Hueheheh… Selamat kekenyangan!


1.       Merokok


Untuk yang sering makan di warung-warung FF (Five-Foot/ Kaki-Lima), jelas sering banget melihat kejadian yang satu ini. Iya… merokok adalah salah satu kebiasaan setelah makan yang paling populer dan sudah merambah dimana-mana kayak K-Pop.

Jujur, selama SMA, ini adalah kebiasaan gue yang paling sulit buat ditinggalin. Kata para perokok yang sudah tingkat Dewa Ngebul, habis makan tanpa ngerokok itu kayak sudah pake celana dalam tapi belum pakai celana luar. Kurang klop gitu deh. Ada juga yang bilang kalau habis makan nggak ngerokok, mulut berasa pahit dan bibir nggak berhenti kecap-kecup.

Sekarang, jujur gue sedang dalam proses berhenti-merokok-sedikit-sedikit. Gue sudah lumayan mengerti kalau sebenarnya merokok itu sama aja dengan membakar uang. Bedanya, asap dari pembakaran itu kok kayaknya enak banget gitu loh! (ngamuk-ngamuk dekat kandang kucing). Tapi ya semoga usaha gue untuk berhenti atau paling tidak mengurangi rokok, bisa berhasil dan lumayan kan duitnya bisa gue tabung buat beli hal-hal yang lebih bermanfaat #AnakKost


2.       Cari Tisu


Nah, selain penggemar Drama Korea yang isinya nangis-nangis, ada juga tipe orang selalu nyariin tisu kalau habis makan. Gue juga begitu, tapi ya sewajarnya aja. Mengelap dengan pelan-pelan bagian intim (baca: mulut) saat selesai makan memang wajar dilakukan karena kesannya bakal kelihatan jorok kalau masih ada minyak-minyak atau bahkan batu bara nempel di sekitaran bibir. Tapi ya itu tadi : sewajarnya.

Gue pernah punya pengalaman makan di suatu cafe yang jauh dari kost gue (dan tentu hasil pembuangan bensin lebih besar dari biasanya). Gue bareng teman-teman makan dengan khilafnya karena mungkin sebagai sesama anak kost, jarang banget makan di tempat-tempat gaul kayak begitu. Nah, kebetulan di meja sebelah ada seorang bapak dan beberapa temannya yang juga om-om, sedang makan bareng. Kelihatan mereka sepertinya lebih kelaparan dari pada kami.

Setelah makan, salah satu om-om yang kelihatannya habis makan masakan pedas, terlihat mengeluarkan ratusan butir keringat dari tubuhnya. Nggak… gue nggak tergoda dengan peluh dari tubuhnya… (loe kira gue cowok apaan??!), tapi yang lucu, om-om itu lantas terlihat sibuk sendiri sambil teriak “Tisu, mana tisu??!! OMG… tisu mana nih…….???”

Gue perhatikan, salah satu teman dari om itu memberikan tempat tisu ke arahnya. Lalu dengan gaya seolah habis pup, Om yang berkeringat itu mengambil banyak banget tisu. Dia brutal! Dari mulut, hidung, pipi, jidat, rambut, bahkan ketiak, semua dielap dengan tisu! WOW! Gue yakin kalau di rumah, setiap habis mandi pasti dia ngeringin badannya pakai tisu. Bukan pakai handuk.


3.       Update Status


Buat yang termasuk dalam kategori ini, selamat! Anda sukses bakal dikatain lebay sama orang-orang gaul lainnya. Kenapa? Karena habis makan itu mestinya baca doa syukur dulu, atau bersihin bekas makan yang nempel di sekitaran mulut dulu. Nah, ini malah update status. Entah dia bakal nge-twit kalau baru aja makan enak (biasanya plus twitpic piring bekas makan), berkoar-koar di FB, ganti PM dan Display Picture BBM, atau langsung upload foto bekas tulang ikan-nya ke Instagram. Ini gaul. Kelebihan gaul…


4.       Hubungin Pacar


Buat yang *uhuk* jomblo, kategori yang satu ini pasti bukan loe banget (Iya… gue juga). Biasanya kalo cewek yang laporan tiap habis makan, berarti cowoknya emang bener-bener posesif atau malah ngerasa rugi karena sebenarnya uang yang dipake makan si cewek adalah uang hasil menjarah dari cowoknya. Kalau si cowok yang laporan tiap habis makan, gue nggak mau komentar. Paling cuma gue pertanyakan aja kejantanannya (?)


5.       Boker


Kedengarannya memang agak geli. Tapi memang nggak dipungkiri lagi, kalau hal yang satu ini lumayan sering dilakukan oleh beberapa kalangan. Terutama… anak kost.

Iya, gue sebagai pria cakep biasa yang juga kebetulan sedang merantau, sering banget mengalami poin yang ini. Biasanya, anak kost kayak gue ini jarang banget makan. Dan sekali makan, biarpun sedikit, pasti tiap habis makan bawaannya pengin boker atau minimal buang gas (kentut) secara brutal. Itulah derita ‘Perut Kaget’ ala anak kost….


6.       “Bayarin gue ya…”
*Pict by : Raihana Blog *
*Pesan : "Makan ramai-ramai lebih aman"*

Kasus yang satu ini juga lumayan sering terjadi. Dan lagi-lagi, anak rantau kayak gue juga lumayan sering (banget) melakukannya. Biasanya, tampang polos adalah hal pertama yang dilakukan orang dalam kategori ini. Setelah sok-sokan makan bareng, biasanya orang kategori ini akan pura-pura periksa saku dan pura-pura lupa bawa dompet. Setelah bener-bener melakukan akting yang menawan, maka kata-kata jurus pamungkas-nya akan keluar : “Eh, bayarin gue ya…”

Beberapa tip lainnya, mungkin bisa dengan pura-pura ‘pinjem’ dulu sampai yang bayarin makan kelak benar-benar lupa kalau dia pernah minjemin loe duit makan. Pastikan semua berjalan mulus dan jangan sampai akting loe ketahuan. Iya… ini juga dari pengalaman gue….


7.       Kabur dari Warung


Sebenarnya ini adalah kesalahan fatal yang bisa saja terjadi sama semua orang. Entah karena dia lagi lupa bawa dompet, atau memang uangnya kurang. Dan kebetulan… lagi makan sendirian (dalam kasus ini, berarti nggak bakal ada temen yang bisa dimintain duit buat bayar).

Saran gue buat orang yang terjebak dalam kasus serupa, lebih baik sok-sokan aja dulu nongkrong lama. Bisa dengan pura-pura nunggu temen, atau sekalian bantu-bantu mengelap meja di warung terkait. Nah, setelah pengunjung mulai ramai dan situasi memungkinkan, pergilah….

**



Oke, mungkin itu aja dulu yang bisa gue uraikan tentang kebiasaan-kebiasaan setelah makan. Baik atau buruknya mohon dimaafkan. Ambil hikmahnya, dan usahakan selalu cari gratisan!


Loe termasuk kategori yang mana? Atau punya kebiasaan lain? Langsung aja share di comment box :)



18 comments:

  1. Point paling pertama emang gak bisa dihindarin. Tapi sekarang aku udah 90% stop loh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabar bagus tuh! Hahaha.. aku masih kalo malam =.=

      Delete
  2. Itu point no 3-nya kayaknya sebelum makan deh, Kak... Hahhaha nggak kebayang kalo semuanya pada gitu, update status dulu trus upload ke instagram, saking gaulnya -___- haha.. Jaman sekarang mah apa-apa kudu diapdet dulu -_- heuuu

    Betewe, salam kenal Kak Aziz :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... jangan-jangan kamu juga gitu *deg
      Ahhahaha... zaman udah maju, pikiran masyarakat pun mesti lebih maju. Terlalu maju =.=

      Salam kenal balik! :)

      Delete
  3. Hahahhaa, habis makan nelpon pacar. Sikampret.
    Kalau gue sih, abis makan, biasanya push-up 360 kali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. *Habis telponan sama pacar*

      Wah, lo bisa nyasar ke sini juga ya. Buahahaha.
      Kalo bisa tiap habis satu suap, jogging satu kilo meter...

      Delete
  4. Untung jomblo ya, jadi abis makan nggak perlu ngubungin pacar. nggak buang pulsa gitu. hwehehe..

    eh, udah aku follow tuh, follow balik ya kak http://halogenjring.blogspot.com/:))

    ReplyDelete
  5. wah, awak gak ada masuk satu kategori pun...

    ReplyDelete
  6. Kalo gue lebih sering yang terakhir kayanya haha

    ReplyDelete
  7. yang ilustrasi hubungin pacar mukanya kenapa itu............

    btw mampir balik dong kalo berkenan! hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu muka-muka suami takut istri kayaknya :|

      Btw, gue suka sama header blog lo. Keren, hhaahahaha

      Delete

Eiits... jangan buru-buru exit dulu. Sebagai Pria Cakep Biasa, gue punya banyak cerita lain. Baca-baca yang lain juga ya... Terima kasih :)